CONTOH BENTUK OUTBOUND GAMES
1. Find Your
Family
Tujuan permainannya adalah :
-
Melatih konsentrasi
-
Melatih kekompakan
-
Melatih kesabaran
-
Melatih indra pendengar
-
Melatih daya ingat
Cara permainan games
Sebelum permainan dimulai, arena
diberi garis pembatas dulu, tergantung kondisi lapangan
Semua peserta outbound berada dalam
area
Semua peserta outbound diberi secarik
kertas yang bertuliskan suara binatang, misal : MEONG, GUK, CIT, PETOK, dll
Masing-masing suara binatang maksimal
10 buah kertas (tergantung jumlah kelompok yang akan dibentuk)
Semua peserta outbound diminta menutup
matanya dengan slayer
Peserta outbound harus mencari
keluarganya dengan cara menyuarakan suara yang telah dibaca mereka
sebelumnya
Waktu pencarian dibatasi
Peserta tidak boleh keluar arena
Peserta tidak bersuara selain suara
yang telah ditentukan
2. The Island
Tujuan permainan/games :
Membiasakan tim untuk mengenali sifat-sifat
sumber daya yang ada (alat, manusia, dll) dan menggunakannya secara optimal
untuk mencapai tujuan
Aturan permainan/games outbound :
Dengan beberapa benda yang disediakan setiap
tim harus membuat sebuah alat untuk mendapatkan bola-bola berhuruf yang berada
di tengah kolam. Syaratnya tidak bolah ada anggota tim yang tercebur/ basah.
3. Kereta
Terpanjang
Tujuan permainan/games :
Kerjasama antar anggota dan team
Mengatur strategi dan kreativitas
Menempatkan diri sesuai dengan
kemampuan yang dimiliki
Aturan permainan/games outbound :
Peserta tiap-tiap kelompok outbound
terdiri dari 8-10 orang
Seluruh peserta sebaiknya menggunakan
celana panjang
Gunakan lokasi/tempat yang tidak becek
Dilakukan serentak dan terdiri dari
beberapa regu
Tiap regu memiliki jumlah yang sama
Tiap regu berusaha keras membuat
timnya menjadi regu dengan deretan paling panjang
Peserta boleh menggunakan apa saja
yang saat itu dibawa sebagai penyambung (dompet, kartu, tali sepatu, ikat
pinggang, badan, dll)
Tidak diperkenankan melepas baju
Regu pemenang adalah yang membuat
deretan yang terpanjang
4. Slidding
Stick
Tujuan permainan/games : Membiasakan
diri bekerja dengan banyak perbedaan dan mengenali resiko sebuah kegagalan.
Aturan permainan/games outbound : Setiap
tim bertugas memindahkan ember berisi air dengan tongkat yang dibawa oleh
masing2 anggotanya
5. The Buldozer
Tujuan permainan/games : Anggota tim
adalah sebuah rantai yang saling kait mengkait. Susah, senang, kegagalan dan
kesuksesan adalah buah dari semua anggota tim.
Aturan permainan/games outbound : Setiap
tim seolah-olah menjadi sebuah roda buldozer. Berkompetisi dengan kelompok lain
untuk menjalankan roda tersebut
6. Polo Bakiak
Tujuan permainan/games : Toleransi,
sportifitas selalu dikedepankan meskipun selalu berada dalam suasana
berkompetisi.
Aturan permainan/games outbound : Bermain
polo dengan menggunakan bakiak, berkompetisi dengan kelompok lain
7. Lifting Water
Tujuan permainan :
-
Kerjasama tim
-
Kekompakan
-
Melatih kehati-hatian
-
Melatih kesabaran’
-
Mengatur strategi tim
-
Membangun jiwa kompetisi
Cara permainan
Permainan dilakukan secara
beregu/berkelompok dengan jumlah masing-masing kelompok sekitar 8-10 orang
Masing-masing peserta outbound
mendapatkan satu buah tongkat pramuka
Instruktur outbound menentukan titik
start dan titik finish nya terlebih dahulu (jaraknya sebaiknya antara 5 sampai
10 meter).
Letakkan ember yang telah diisi dengan
air (tak perlu penuh) di titik start sejumlah regu yang bertanding.
Instruktur outbound memberi
aba-aba mulai. Seluruh peserta outbound mulai mengangkat air menuju
titik finish.
Aturan main :
Dalam mengangkat ember yang berisi
air, peserta hanya boleh menggunakan tongkat, tidak boleh memakai tangan. Ember
bisa diangkat dengan tongkat caranya menyentuhkan ujung tongkat ke bibir ember.
Permainan diulang lagi bila ember
terjatuh atau dianggap gagal.
Pemenang adalah kelompok yang paling
dahulu sampai titik finish tanpa menjatuhkan ember.
8. Lord Of The
Ring
Tujuan permainan : Perencanaan yang
baik, analisa masalah yang tepat, strategi yang benar, kerjasama dan
pengorbanan setiap anggota tim adalah syarat untuk mencapai tujuan. ‘KESUKSESAN
TIM’ adalah hadiah terindah dari sebuah pengorbanan setiap anggotanya.
Cara permainan : Setiap tim mempunyai
misi untuk mendapatkan aneka macam benda modal yang melintang dalam sebatang
bambu. Sayangnya tingkat kesulitan yang tinggi untuk mendapatkan benda tsb
mengharuskan setiap anggota tim harus berkorban dan saling bekerjasama.
9. Blind Leader
Tujuan permainan ini adalah untuk
melatih keseimbangan otak. Langkah yang harus dilakukan oleh peserta outbound
adalah tiap-tiap peserta dalam outbound training ditutup matanya, kecuali yang
ditunjuk sebagai leader, mengikuti jalur yang sudah dibuat. Dengan arahan
Leader, peserta berjalan mengikuti jalur tanpa menyentuh pembatas. Orang yang
pertama memasuki garis finish ditetapkan sebagai pemenang. Pemaknaan dalam
permainan ini adalah bagaimana seorang bisa tampil sebagai pemimpin (leader)
dan bagaimana rasanya dipimpin orang lain. Saling percaya antar sesama divisi
dalam perusahaan.
10. Electric Wire
Tujuan permainan : Melatih sebuah tim
menganalisa sebuah tantangan serta mengenali dan menggunakan sumber daya yang
ada untuk menjawab tantangan tersebut. Kegagalan menganalisa dan menerapkan
akan berakibat fatal pada tim dan perusahaan.
Cara permainan : Sebuah tim
seolah-olah terjebak di dalam ruangan yang melintang kabel listrik di
sekitarnya. Bagaimana seluruh anggota tim bisa selamat keluar dari ruangan
tersebut tanpa ada yang cedera atau tertinggal dalam ruangan tsb.
11. Step A-Poll
Tujuan permainan ini adalah Sebagai
alat untuk mengenali struktur organisasi dan fungsi dari masing-masing elemen
organisasi tersebut.
Prosedur dalam permainan ini adalah :
Egrang berbentuk segi tiga (huruf “A”)
digunakan oleh setiap tim untuk menuju dan mendapatkan target yang telah
ditentukan. 1 orang naik di atasnya dan anggota lain memegang dan mengarahkan
tali di sekelilingnya
12. Evakuasi
Bambu
Tujuan permainan ini adalah melatih
kerjasama yang komunikatif :
Bagaimana langkah peserta dalam
melaksanakan tugas ini
Strategi apa saja yang peserta gunakan
untuk menyelesaikan tugas ?
Mampukan mereka bekerjasama dengan
baik ?
Siapakah yang mampu memimpin dan
berkomunikasi dengan baik
Prosedur dalam permainan ini adalah :
Tiap kelompok berlomba mengeluarkan
bola dari dalam bambu dengan cara menuangkan air ke dalam bambu.
Cara menuangkannya, bambu yang berisi
air hanya boleh diangkat dengan menggunakan tali yang telah disediakan
Saat melakukan evakuasi, anggota badan
tidak boleh melewati batas aman dari daerah yang telah ditentukan
13. Hunter My
Name
Tujuan permainan :
-
Melatih kekompakan group
-
Mengetahui kekurangan dan kelebihan teman kita
-
Cepat bertindak dan mengambil keputusan
-
Mengetahui strategi yang baik dalam suatu permasalahan.
-
Berfikir kreatif dan inovatif
Cara permainan :
Peserta outbound dibuat menjadi
beberapa kelompok. Masing-masing peserta diminta untuk menuliskan namanya
masing-masing pada kertas kecil yang sudah disediakan. Kemudian kertas tersebut
digulung dandi aduk/diacak. Seluruh peserta outbound diminta untuk masuk
kedalam webbing/tali yang sudah disediakan instruktur. 3 atau 4 anggota
kelompok ditutup matanya. Kemudian instruktur outbound menyebar kertas yang
berisi nama seluruh peserta outbound di lapangan/area outbound. Seluruh peserta
diminta untuk mencari namanya masing2 dalam waktu yang teah ditentukan oleh
instruktur outbound. Peserta dilarang keluar lingkaran group dalam mencari nama
mereka.
14. Stik Goyang
Tujuan permainan :
Menjalin kerjasama dan toleransi antar
anggota
Belajar menerima dan siap kapan pun harus
bisa memberi kesempatan kepada orang lain
Berlatih menghadapi segala rintangan
atas asas kebersamaan.
Cara permainan :
Tiap anggota tim berhak memegang
seutas tali, boleh disebelah kanan, boleh disebelah kiri
Letakkan tongkat di tengah tarikan
utas tali, dimana tali dalam keadaan kondisi kencang
Tim menempuh suatu perjalanan penuh
rintangan dengan jarak bebas.
Tim pemenang adalah yang mencapai
finish lebih dahulu tanpa membuat tongkat jatuh
Apabila tongkat jatuh maka harus mulai
lagi dari start.
15. Low Rope
Games :
Tujuan permainan : Melatih rasa
percaya diri masing-masing individu dan rangsangan untuk berani membuat
keputusan secara cepat, tepat dan cermat
Cara permainan :
Untuk mencapai sebuah target yang
ditetapkan, semua peserta harus mencoba melintasi 5 jenis rintangan yang
melintang di atas kolam.
16. Piring
Keseimbangan
Tujuan permainan ini adalah :
-
Melatih kecermatan dalam menggunakan strategi
-
Melatih kesabaran
-
Kerjasama kelompok
Cara permainan/games :
Permainan ini dilakukan secara
kelompok
Peserta melakukan permainan ini secara
estafet. Jadi anggota kelompok harus berjajar dengan jarak 10-15 m
Peserta pertama membawa balon dari
garis start menuju ke peserta kedua, kemudian peserta kedua ke peserta ketiga.
Begitu seterusnya sampai finish
Aturan :
Bola harus selalu berada di dalam
piring selama peserta berjalan
Kelompok yang menang adalah kelompok
yang sampai ke garis finish
17. Menara
Manusia
Tujuan permainan adalah :
-
Melatih kerjasama tim
-
Melatih kekompakan tim
-
Mengetahui kekurangan dan kelebihan teman
-
Menumbuhkan sikap rela berkorban demi kesuksesan bersama
-
Mengembangkan strategi untuk tercapainya tujuan
Cara permainan :
Peserta dibagi dalam beberapa kelompok
Tugas kelompok adalah membuat menara
manusia setinggi-tingginya
Peserta dibebaskan membuat strategi
apapun untuk membuat menara tersebut
Peserta tidak diperkenankan
menggunakan alat bantu apapun
Waktu permainan dibatasi 10-20 menit
Kelompok dengan menara tertinggi adalah
pemenangnya
18. Fashion Show
Tujuan dari permainan ini adalah :
-
Melatih kecepatan dalam berfikir
-
Melatih kekompakan tim
-
Cepat bertindak
-
Mengetahui kekurangan dan kelebihan teman
Cara permainan :
Tentukan dulu garis start dan garis
finish nya
Masing-masing tim berada di garis
start.
Semua perlengkapan tadi di taruh di
garis yang lain (jaraknya sekitar 15 meter)
Instruktur outbound bertugas
memberikan aba-aba
Begitu terdengar aba-aba, maka peserta
pertama segera berlari mengambil helm dan memakainya. Setelah helm dipakai,
segera berlari menuju garis start.
Setelah peserta pertama tiba di garis
start, helm dilepaskan dan dipakai kan ke peserta kedua
Peserta kedua berlari menuju
peralatan, kemudian memakai rompi/jaket
Peserta kedua berlari menuju start,
kemudian melepas helm dan rompi. Kedua peralatan tadi dipakaikan ke peserta
ketiga.
Peserta ketiga berlari menuju
peralatan, kemudian memakai sarung. Segera setelah sarung terpakai, berlari
menuju garis start dan memakaikannya ke peserta berikutnya.
Begitu seterusnya sampai peserta
terakhir memakai semua perlengkapan yang ada.
Apabila peserta kelompok lebih dari 5
orang, perlengkapan bisa ditambah, seperti celana, gelang, ikat pinggang, dll
Peserta mengambil peralatan harus
sesuai dengan urutan yang telah ditentukan oleh instruktur
Peserta harus memakai serapi mungkin
Kelompok tercepat adalah pemenangnya.
19. Flying Eggs
Tujuan Permainan :
-
Meningkatkan kerjasama tim
-
Melatih sikap kehati-hatian.
-
Melatih psikomotorik (kasar dan halus).
Pelaksanaan :
Bagi peserta outbound dalam beberapa
tim. Masing-masing tim beranggotakan 8-10 orang.
Tiap kelompok membentuk barisan sesuai
dengan kelompoknya masing-masing dengan jarak 5-10 meter.
Peserta pertama menerima sebuah telur
dari instruktur outbound, lalu melemparkannya ke peserta tim yang ada
didepannya. Dalam menerima telur, peserta menggunakan kaos yang dipakainya.
Setelah menerima telur, telur tersebut dilemparkan kembali ke peserta
berikutnya. Begitu seterusnya sampai ke peserta terakhir.
Kelompok yang memecahkan telur
dianggap gagal/gugur.
Kelompok yang berhasil memindahkan
telur dari awal sampai akhir tanpa membuat telur tersebut pecah, dinyatakan
sebagai pemenang.
20. Menjahit
Manusia
Tujuan permainan :
Kekompakan team/tim
Menunjukkan bahwa sesuatu yyyannng
tadinya dianggap tidak mungkin, dapat terwujud bila ada dorongan
dan pendapat kolektif yang serempak dan kompetitif
Cara permainan (games)
Peserta diminta instruktur untuk
berbaris menyamping di masing-masing kelompok
Atas perintah instruktur outbound,
peserta mulai memasukkan spidol yang diikat rafiah ke dalam bajunya. Dengan
cara : dari lengan baju sebelah kiri peserta pertama, ke pundak. Dalam tubuh,
menuju ke bawah (rok atau celana) kiri. Menyeberang ke kaki kanan, terus naik
ke paha. Ke tubuh terus keluar melalui pundak sebelah kanan, kemudian ke lengan
kanan.
Peserta kedua mulai melakukan proses
yang sama.
Begitu seterusnya, hingga peserta
terakhir.
Kelompok outbound yang paling pertama
menyelesaikan games ini adalah pemenangnya.
21. The Opposite
Instruksi dan petunjuk permainan
Setiap kelompok diminta membentuk
barisan ke belakang seperti kereta, dengan tangan memegang bahu atau pinggang
kawan yang ada di depannya.
Jika memungkinkan, minta mereka
memeluk rekan yang ada didepannya masing-masing.
Kemudian kita beri aba-aba untuk
mereka secara bersama-sama bergerak ke kiri atau ke kanan atau ke depan ke
belakang sesuai instruksi,
Peserta harus bergerak dengan cara
melompat bersama, tanpa boleh barisannya putus atau rusak.
Setelah beberapa kali mencoba ke arah
yang sesuai dengan instruksi, maka kemudian mereka harus melakukan gerakan yang
berlawanan dengan instruksi yang diberikan.
Larangan dan hukuman
Barisannya tidak boleh putus atau
rusak.
Minta mereka untuk tidak bersuara
(yang dapat dijadikan “alat bantu komando”) pada saat melakukan gerakan.
Bagi kelompok yang salah atau ada
anggota kelompoknya salah melakukan pergerakan maka kelompok tersebut harus
gugur
22. Meteor Garden
Tujuan permainan :
-
Meningkatkan kekompakan kelompok
-
Kecermatan
-
Kecepatan
-
Bertindak cepat
-
Bisa mengatur strategi
Cara permainan :
Permainan meteor garden dimainkan
secara kelompok. Jumlah anggota kelompok antara 10-15 orang
Instruktur dan fasilitator melemparkan
bola dari balik penghalang, dan peserta harus dapat menangkap bola, tetapi
harus tetap berada di garis pembatas yang berbentuk persegi
Lemparan bola dilakukan dengan cepat
dan tidak beraturan, agar peserta kesulitan menangkapnya
Setelah bola ditangkap, langsung
dimasukkan kedalam kantong plastik yang telah disediakan
Aturan :
Peserta tidak boleh keluar dari garis
pembatas selama menangkap bola
Bola yang tidak tertangkap tidak boleh
diambil peserta
Kelompok yang paling banyak menangkap
bola adalah pemenangnya.
23. Do You Love
Me?
Tujuan permainan :
-
Melatih menemukan kesamaan
-
Bermain strategi
-
Melatih kejujuran
Cara permainan :
Permainan ini dilakukan dalam kelompok
besar
Seluruh peserta membentuk satu
lingkaran besar, dan setiap peserta mempunyai posisi sendiri-sendiri dengan
diberi tanda sepatu atau kertas tebal
Seorang peserta sebagai relawan berada
di tengah, lalu bertanya kepada peserta lain, “apakah kamu mencintaiku?” Para
peserta lain bebas menjawab “ya” atau “tidak
Apabila mengatakan “ya”, maka seluruh
peserta harus pindah tempat dari posisi awal keposisi yang lain. Relawan
tersebut berusaha merebut posisi dalam barisan
Apabila peserta yang ditanya menjawab
“tidak”, maka ia harus memberi alasan. Misalnya “ karena saya mencintai orang
yang memakai sepatu hitam”. Maka seluruh peserta yang memakai sepatu hitam
harus mencari posisi (tempat) lain dengan cara berpindah tempat. Dan relawan
tersebut juga berusaha merebut barisan.
Peserta yang tidak mengenakan sepatu
warna hitam tetap pada posisinya.
Peserta yang tidak mendapatkan posisi
dalam lingkaran, menggantikan relawan tersebut.
Peserta harus jujur apabila menemukan
kesamaan dalam dirinya
Dalam berebut posisi, peserta
tidak boleh merebut peserta lain yang telah mendapatkan posisi
24. Changing name
Tujuan permainan :
-
Melayani pelanggan (customer) dengan baik
-
Menghilangkan struktur hirarki dalam organisasi
-
Melatih konsentrasi kerja
-
Cara baik untuk mengakrabkan peserta outbound dengan saling
menyebutkan nama.
Cara permainan :
Peserta diminta untuk berdiri dan
membentuk lingkaran. Kalau peserta belum saling mengenal, mereka kita minta
untuk memperkenalkan diri.
Setelah semua peserta memperkenalkan
diri, peserta diminta untuk saling melempar bola dan saling menangkap bola
dengan menyebut nama dan orang yang akan dituju untuk menangkap bola yang akan
dilempar.
Mereka yang salah menyebutkan nama
diri sendiri atau orang yang akan dituju dikenakan sangsi tertentu, misalnya
dengan meminta maaf. Untuk beberapa menit pertama, mungkin anda akan
banyak mengenakan sangsi tersebut. Kesuksesan tim diukur dari berapa
banyak kesalahan yang dibuat. Makin sedikit, makin sukses tim tersebut.
Agar lebih menarik permainan
dilanjutkan dengan menambah jumlah bolanya. Menjadi 2 atau 3 bola.
25. Get Our Dream
Tujuan Permainan :
-
Melatih sikap pantang menyerah dalam menggapai impian
-
Mampu belajar dari pengalaman yang salah
Cara permainan :
Tali diikatkan pada pohon-pohon
Kertas bertuliskan impian ditempatkan
pada pohon dengan posisi kertas terbalik, sehingga tulisan tidak terlihat
Peserta diberi carabineer
Permainan ini diumpamakan peserta
dalam posisi menggantung pada tali dengan kaki tidak menyentuh tanah, sehingga
mereka harus menggunakan carabineer untuk tetap bisa menggantung
Pada saat peserta berpindah dari tali
yang satu ke yang lain, mereka terlebih dahulu harus mengaitkan carabineer
dengan tali tersebut.
Peserta harus tetap berjalan mencari
kertas yang bertuliskan impian mereka sendiri.
Apabila peserta menemukan impian
temannya, maka harus dikembalikan ke tempat semula
Setelah peserta menemukan impian
mereka sendiri, peserta harus kembali ke posisi start dengan cara yang sama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar