Jumat, Januari 04, 2013

FISHING JOBS OPERATIONS, EQUIPMENT, AND TECHNIQUE


FISHING JOBS OPERATIONS, EQUIPMENT, AND TECHNIQUE

Dalam suatu operasi pemboran, kadangkala  kita mengalami suatu hambatan seperti : pipa pemboran terjepit, jatuhnya beberapa peralatan pemboran, maupun barang-barang lain ke dalam sumur pemboran. Dengan adanya hambatan-hambatan tersebut, maka operasi pemboran harus dihentikan, sebelum barang-barang tersebut di angkat ke permukaan atau mengatasi problem yang ada. Operasi untuk mengangkat atau menmgambil barang-barang dari dalam sumur pemboran kepermukaan ini di sebut dengan  “Fishing Jobs/Operation” atau operasi pemancingan.
Fishing job adalah pekerjaan dalam teknik pemboran yang mana pekerjaan ini berhubungan dengan pengambilan kembali alat-alat / potongan-potongan alat ke permukaan. Alat yang jatuh harus secepatnya diambil karena semakin lama semakin sulit diambil karena tertutup cutting atau mud cake dan lainnya. Kerugian dalam pekerjaan ini adalah rig timernya semakin panjang dan ini tentunya akan menambah biaya pemboran.
Kejadian ini tidak jarang terjadi pada operasi pemboran karenanya harus selalu hati-hati dan selalu mengontrol peralatan misalnya bit yang sudah tumpul harus segera diganti dan juga WOB yang tidak terlalu besar yang mengakibatkan drill string patah. Apabila alat ini tidak dapat diambil maka harus diadakan pemboran side tracking dan lubang tidak dapat diteruskan lagi.


Outline :
  1. Wireline And Cables
  2. Types and Sources of Fish
  3. Catches
  4. Well Control
  5. Fishing Equipment
  6. Fishing Scenarios
  7. Fishing Calculations/Economics of Fishing
  8. Fishing Technique
·         Fishing for Bit Cones, Tong Dies, and Small Tools
·         Fishing for a “Twist Off”
·         Freeing Stuck Pipe
·         Milling


Participants :
Rig Crews dan mereka terlibat di dalam operasi pemancingan, atau siapa saja yang yang berkeinginan untuk mengetahui tentang “Fishing Operation” :

Tidak ada komentar: