FMTI

FMTI
Have your training needs, please click here

Selasa, April 26, 2016

Hose Management



Hose Management

ABSTRACK
Selang atau hose berfungsi untuk mendistribusikan cairan atau gas dari satu tempat ke tempat lain. Perlengkapan ini banyak digunakan dihampir segala lini dalam kehidupan sehari-hari termasuk industri. Standar kualitas selang atau hose dengan bahan PVC, karet, dan Polyurethanes telah disediakan dengan kualitas produk yang sesuai dengan harga dan kerja yang optimal. Selang atau hose berbahan PVC untuk aplikasi pekerjaan yang berat seperti pada pabrik, bengkel, dan lain-lain, serta digunakan juga di dalam ruangan. Bahan ini bersifat lentur dan transparan, serta memiliki servis seumur hidup. Sedangkan bahan karet (Rubber) diaplikasin berdasarkan lingkup kerjanya seperti dalam konstruksi, pertambangan, galangan kapal, pengecoran, dan sebagainya. Selang ini memiliki sifat yang awet atau tahan lama, anti statis, dan tahan terhadap percikan las dan grinding. Untuk bahan polyurethanes diaplikasikan untuk pekerjaan yang berat baik di dalam maupun di luar ruangan. Bahan ini tahan terhadap oli, fleksibel, anti PVC, ramah lingkungan, dan servis seumur hidup.
Respon pada hose salah satunya dipengaruhi aliran fluida. Sedangkan aliran fluida tersebut dapat menciptakan momen lentur siklik (cyclic bending moments), tegangan (tension), tekanan (compression), hoop stress, dan beban torsi (torsional loading). Maka perawatan selang secara visual harus diperiksa oleh orang yang kompeten dalam keadaan masih terpasang dan beroperasi. Semua pengamatan harus dicatat dan didokumentasikan. Ini adalah teknik pemeriksaan awal kritis dimana potensi kerusakan dapat diidentifikasi lebih awal sehingga memungkinkan tindakan perbaikan yang harus diambil sebelum kerusakan selang menjadi lebih besar.   Cover atau bungkus luar tubuh selang secara visual diperiksa untuk tanda-tanda kelonggaran, tonjolan, bintik lembut, abrasi, luka atau gouges. Bagian belakang luas pengaku tikungan belakang kopling harus diperiksa untuk tanda-tanda tersebut dan kemungkinan lebih-lentur.  Apabila selang dilengkapi dengan logam eksternal di sepanjang panjangnya, maka ini harus diperiksa untuk tanda-tanda retak, external  mechanical  damage (misalnya denting atau abrasi), atau menggembung/bulging  menunjukkan kemungkinan swelling tubuh selang bawahnya.
Pelatihan ini akan membahas mengenai manajemen, pengujian dan inspeksi dan composite hoses untuk digunakan dalam industri.

OUTLINE
1.       Introduction to Hose Management
2.       Performance standards
3.       Conceptual design
4.       Risk analysis
5.       Detailed design : Selection, Length calculations, Other design considerations, On-site survey, Drainage facilities, Lifting arrangements, Support and couplings, Work packs
6.       Supply, storage, transportation, installation and commissioning
7.       Maintenance, inspection and replacement
8.       Modifications, change of service
9.       Decommissioning

PARTICIPANT
Siapa saja yang terlibat dengan pekerjaan dan fasilitas hose, para staf dari level operator, teknisi, supervisor maupun engineer.

Tidak ada komentar: