FMTI

FMTI
Have your training needs, please click here

Rabu, Februari 05, 2014

OUTBOUND GAMES DI JOGJA



CONTOH BENTUK OUTBOUND GAMES

1.      Find Your Family
Tujuan permainannya adalah :
-        Melatih konsentrasi
-        Melatih kekompakan
-        Melatih kesabaran
-        Melatih indra pendengar
-        Melatih daya ingat

Cara permainan games
Sebelum permainan dimulai, arena diberi garis pembatas dulu, tergantung kondisi lapangan
Semua peserta outbound berada dalam area
Semua peserta outbound diberi secarik kertas yang bertuliskan suara binatang, misal : MEONG, GUK, CIT, PETOK, dll
Masing-masing suara binatang maksimal 10 buah kertas (tergantung jumlah kelompok yang akan dibentuk)
Semua peserta outbound diminta menutup matanya dengan slayer
Peserta outbound harus mencari keluarganya dengan cara menyuarakan  suara yang telah dibaca mereka sebelumnya
Waktu pencarian dibatasi
Peserta tidak boleh keluar arena
Peserta tidak bersuara selain suara yang telah ditentukan

2.      The Island
Tujuan permainan/games :
Membiasakan tim untuk mengenali sifat-sifat sumber daya yang ada (alat, manusia, dll) dan menggunakannya secara optimal untuk mencapai tujuan

Aturan permainan/games outbound :
Dengan beberapa benda yang disediakan setiap tim harus membuat sebuah alat untuk mendapatkan bola-bola berhuruf yang berada di tengah kolam. Syaratnya tidak bolah ada anggota tim yang tercebur/ basah.


3.      Kereta Terpanjang

Tujuan permainan/games :
Kerjasama antar anggota dan team
Mengatur strategi dan kreativitas
Menempatkan diri sesuai dengan kemampuan yang dimiliki

Aturan permainan/games outbound :
Peserta tiap-tiap kelompok outbound terdiri dari 8-10 orang
Seluruh peserta sebaiknya menggunakan celana panjang
Gunakan lokasi/tempat yang tidak becek
Dilakukan serentak dan terdiri dari beberapa regu
Tiap regu memiliki jumlah yang sama
Tiap regu berusaha keras membuat timnya menjadi regu dengan deretan paling panjang
Peserta boleh menggunakan apa saja yang saat itu dibawa sebagai penyambung (dompet, kartu, tali sepatu, ikat pinggang, badan, dll)
Tidak diperkenankan melepas baju
Regu pemenang adalah yang membuat deretan yang terpanjang

4.      Slidding Stick
Tujuan permainan/games : Membiasakan diri bekerja dengan banyak perbedaan dan mengenali resiko sebuah kegagalan.

Aturan permainan/games outbound : Setiap tim bertugas memindahkan ember berisi air dengan tongkat yang dibawa oleh masing2 anggotanya

5.      The Buldozer
Tujuan permainan/games : Anggota tim adalah sebuah rantai yang saling kait mengkait. Susah, senang, kegagalan dan kesuksesan adalah buah dari semua anggota tim.

Aturan permainan/games outbound : Setiap tim seolah-olah menjadi sebuah roda buldozer. Berkompetisi dengan kelompok lain untuk menjalankan roda tersebut

6.      Polo Bakiak
Tujuan permainan/games : Toleransi, sportifitas selalu dikedepankan meskipun selalu berada dalam suasana berkompetisi.

Aturan permainan/games outbound : Bermain polo dengan menggunakan bakiak, berkompetisi dengan kelompok lain

7.      Lifting Water

Tujuan permainan :
-        Kerjasama tim
-        Kekompakan
-        Melatih kehati-hatian
-        Melatih kesabaran’
-        Mengatur strategi tim
-        Membangun jiwa kompetisi

Cara permainan
Permainan dilakukan secara beregu/berkelompok dengan jumlah masing-masing kelompok sekitar 8-10 orang
Masing-masing peserta outbound mendapatkan satu buah tongkat pramuka
Instruktur outbound menentukan titik start dan titik finish nya terlebih dahulu (jaraknya sebaiknya antara 5 sampai 10 meter).
Letakkan ember yang telah diisi dengan air (tak perlu penuh) di titik start sejumlah regu yang bertanding.
Instruktur outbound memberi  aba-aba  mulai. Seluruh peserta outbound mulai mengangkat air menuju titik finish.

Aturan main :
Dalam mengangkat ember yang berisi air, peserta hanya boleh menggunakan tongkat, tidak boleh memakai tangan. Ember bisa diangkat dengan tongkat caranya menyentuhkan ujung tongkat ke bibir ember.
Permainan diulang lagi bila ember  terjatuh  atau dianggap gagal.
Pemenang adalah kelompok yang paling dahulu sampai titik finish tanpa menjatuhkan ember.

8.      Lord Of The Ring
Tujuan permainan : Perencanaan yang baik, analisa masalah yang tepat, strategi yang benar, kerjasama dan pengorbanan setiap anggota tim adalah syarat untuk mencapai tujuan. ‘KESUKSESAN TIM’ adalah hadiah terindah dari sebuah pengorbanan setiap anggotanya.

Cara permainan : Setiap tim mempunyai misi untuk mendapatkan aneka macam benda modal yang melintang dalam sebatang bambu. Sayangnya tingkat kesulitan yang tinggi untuk mendapatkan benda tsb mengharuskan setiap anggota tim harus berkorban dan saling bekerjasama.

9.      Blind Leader

Tujuan permainan ini adalah untuk melatih keseimbangan otak. Langkah yang harus dilakukan oleh peserta outbound adalah tiap-tiap peserta dalam outbound training ditutup matanya, kecuali yang ditunjuk sebagai leader, mengikuti jalur yang sudah dibuat. Dengan arahan Leader, peserta berjalan mengikuti jalur tanpa menyentuh pembatas. Orang yang pertama memasuki garis finish ditetapkan sebagai pemenang. Pemaknaan dalam permainan ini adalah bagaimana seorang bisa tampil sebagai pemimpin (leader) dan bagaimana rasanya dipimpin orang lain. Saling percaya antar sesama divisi dalam perusahaan.

10.  Electric Wire
Tujuan permainan : Melatih sebuah tim menganalisa sebuah tantangan serta mengenali dan menggunakan sumber daya yang ada untuk menjawab tantangan tersebut. Kegagalan menganalisa dan menerapkan akan berakibat fatal pada tim dan perusahaan.

Cara permainan : Sebuah tim seolah-olah terjebak di dalam ruangan yang melintang kabel listrik di sekitarnya. Bagaimana seluruh anggota tim bisa selamat keluar dari ruangan tersebut tanpa ada yang cedera atau tertinggal dalam ruangan tsb.

11.  Step A-Poll
Tujuan permainan ini adalah Sebagai alat untuk mengenali struktur organisasi dan fungsi dari masing-masing elemen organisasi tersebut.
Prosedur dalam permainan ini adalah :
Egrang berbentuk segi tiga (huruf “A”) digunakan oleh setiap tim untuk menuju dan mendapatkan target yang telah ditentukan. 1 orang naik di atasnya dan anggota lain memegang dan mengarahkan tali di sekelilingnya

12.  Evakuasi Bambu
Tujuan permainan ini adalah melatih kerjasama yang komunikatif :
Bagaimana langkah peserta dalam melaksanakan tugas ini
Strategi apa saja yang peserta gunakan untuk menyelesaikan tugas ?
Mampukan mereka bekerjasama dengan baik ?
Siapakah yang mampu memimpin dan berkomunikasi dengan baik

Prosedur dalam permainan ini adalah :
Tiap kelompok berlomba mengeluarkan bola dari dalam bambu dengan cara menuangkan air ke dalam bambu.
Cara menuangkannya, bambu yang berisi air hanya boleh diangkat dengan menggunakan tali yang telah disediakan
Saat melakukan evakuasi, anggota badan tidak boleh melewati batas aman dari daerah yang telah ditentukan

13.  Hunter My Name
Tujuan permainan :
-        Melatih kekompakan group
-        Mengetahui kekurangan dan kelebihan teman kita
-        Cepat bertindak dan mengambil keputusan
-        Mengetahui strategi yang baik dalam suatu permasalahan.
-        Berfikir kreatif dan inovatif

Cara permainan :
Peserta outbound dibuat menjadi beberapa kelompok.  Masing-masing peserta diminta untuk menuliskan namanya masing-masing pada kertas kecil yang sudah disediakan. Kemudian kertas tersebut digulung dandi aduk/diacak. Seluruh peserta outbound diminta untuk masuk kedalam webbing/tali yang sudah disediakan instruktur. 3 atau 4 anggota kelompok ditutup matanya. Kemudian instruktur outbound menyebar kertas yang berisi nama seluruh peserta outbound di lapangan/area outbound. Seluruh peserta diminta untuk mencari namanya masing2 dalam waktu yang teah ditentukan oleh instruktur outbound. Peserta dilarang keluar lingkaran group dalam mencari nama mereka.

14.  Stik Goyang
Tujuan permainan :
Menjalin kerjasama dan toleransi antar anggota
Belajar menerima dan siap kapan pun harus bisa memberi kesempatan kepada orang lain
Berlatih menghadapi segala rintangan atas asas kebersamaan.

Cara permainan :
Tiap anggota tim berhak memegang seutas tali, boleh disebelah kanan, boleh disebelah kiri
Letakkan tongkat di tengah tarikan utas tali, dimana tali dalam keadaan kondisi kencang
Tim menempuh suatu perjalanan penuh rintangan dengan jarak bebas.
Tim pemenang adalah yang mencapai finish lebih dahulu tanpa membuat tongkat jatuh
Apabila tongkat jatuh maka harus mulai lagi dari start.

15.  Low Rope Games :
Tujuan permainan : Melatih rasa percaya diri masing-masing individu dan rangsangan untuk berani membuat keputusan secara cepat, tepat dan cermat

Cara permainan :
Untuk mencapai sebuah target yang ditetapkan, semua peserta harus mencoba melintasi 5 jenis rintangan yang melintang di atas kolam.

16.  Piring Keseimbangan
Tujuan permainan ini adalah :
-        Melatih kecermatan dalam menggunakan strategi
-        Melatih kesabaran
-        Kerjasama kelompok

Cara permainan/games :
Permainan ini dilakukan secara kelompok
Peserta melakukan permainan ini secara estafet. Jadi anggota kelompok harus berjajar dengan jarak 10-15 m
Peserta pertama membawa balon dari garis start menuju ke peserta kedua, kemudian peserta kedua ke peserta ketiga. Begitu seterusnya sampai finish
Aturan :
Bola harus selalu berada di dalam piring selama peserta berjalan
Kelompok yang menang adalah kelompok yang sampai ke garis finish

17.  Menara Manusia
Tujuan permainan adalah :
-        Melatih kerjasama tim
-        Melatih kekompakan tim
-        Mengetahui kekurangan dan kelebihan teman
-        Menumbuhkan sikap rela berkorban demi kesuksesan bersama
-        Mengembangkan strategi untuk tercapainya tujuan
Cara permainan :
Peserta dibagi dalam beberapa kelompok
Tugas kelompok adalah membuat menara manusia setinggi-tingginya
Peserta dibebaskan membuat strategi apapun untuk membuat menara tersebut
Peserta tidak diperkenankan menggunakan alat bantu apapun
Waktu permainan dibatasi 10-20 menit
Kelompok dengan menara tertinggi adalah pemenangnya

18.  Fashion Show
Tujuan dari permainan ini adalah :
-        Melatih kecepatan dalam berfikir
-        Melatih kekompakan tim
-        Cepat bertindak
-        Mengetahui kekurangan dan kelebihan teman

Cara permainan :
Tentukan dulu garis start dan garis finish nya
Masing-masing tim berada di garis start.
Semua perlengkapan tadi di taruh di garis yang lain (jaraknya sekitar 15 meter)
Instruktur outbound bertugas memberikan aba-aba
Begitu terdengar aba-aba, maka peserta pertama segera berlari mengambil helm dan memakainya. Setelah helm dipakai, segera berlari menuju garis start.
Setelah peserta pertama tiba di garis start, helm dilepaskan dan dipakai kan ke peserta kedua
Peserta kedua berlari menuju peralatan, kemudian memakai rompi/jaket
Peserta kedua berlari menuju start, kemudian melepas helm dan rompi. Kedua peralatan tadi dipakaikan ke peserta ketiga.
Peserta ketiga berlari menuju peralatan, kemudian memakai sarung. Segera setelah sarung terpakai, berlari menuju garis start dan memakaikannya ke peserta berikutnya.
Begitu seterusnya sampai peserta terakhir memakai semua perlengkapan yang ada.
Apabila peserta kelompok lebih dari 5 orang, perlengkapan bisa ditambah, seperti celana, gelang, ikat pinggang, dll
Peserta mengambil peralatan harus sesuai dengan urutan yang telah ditentukan oleh instruktur
Peserta harus memakai serapi mungkin
Kelompok tercepat adalah pemenangnya.

19.  Flying Eggs
Tujuan Permainan :
-        Meningkatkan kerjasama tim
-        Melatih sikap kehati-hatian.
-        Melatih psikomotorik (kasar dan halus).
Pelaksanaan :
Bagi peserta outbound dalam beberapa tim. Masing-masing tim beranggotakan 8-10 orang.
Tiap kelompok membentuk barisan sesuai dengan kelompoknya masing-masing dengan jarak 5-10 meter.
Peserta pertama menerima sebuah telur dari instruktur outbound, lalu melemparkannya ke peserta tim yang ada didepannya. Dalam menerima telur, peserta menggunakan kaos yang dipakainya. Setelah menerima telur, telur tersebut dilemparkan kembali ke peserta berikutnya. Begitu seterusnya sampai ke peserta terakhir.
Kelompok yang memecahkan telur dianggap gagal/gugur.
Kelompok yang berhasil memindahkan telur dari awal sampai akhir tanpa membuat telur tersebut pecah, dinyatakan sebagai pemenang.

20.  Menjahit Manusia
Tujuan permainan :
Kekompakan team/tim
Menunjukkan bahwa sesuatu yyyannng tadinya dianggap tidak mungkin, dapat terwujud bila   ada dorongan dan pendapat kolektif yang serempak dan kompetitif

Cara permainan (games)
Peserta diminta instruktur untuk berbaris menyamping di masing-masing kelompok
Atas perintah instruktur outbound, peserta mulai memasukkan spidol yang diikat rafiah ke dalam bajunya. Dengan cara : dari lengan baju sebelah kiri peserta pertama, ke pundak. Dalam tubuh, menuju ke bawah (rok atau celana) kiri. Menyeberang ke kaki kanan, terus naik ke paha. Ke tubuh terus keluar melalui pundak sebelah kanan, kemudian ke lengan kanan.
Peserta kedua mulai melakukan proses yang sama.
Begitu seterusnya, hingga peserta terakhir.
Kelompok outbound yang paling pertama menyelesaikan games ini adalah pemenangnya.

21.  The Opposite

Instruksi dan petunjuk permainan
Setiap kelompok diminta membentuk barisan ke belakang seperti kereta, dengan tangan memegang bahu atau pinggang kawan yang ada di depannya.
Jika memungkinkan, minta mereka memeluk rekan yang ada didepannya masing-masing.
Kemudian kita beri aba-aba untuk mereka secara bersama-sama bergerak ke kiri atau ke kanan atau ke depan ke belakang sesuai instruksi,
Peserta harus bergerak dengan cara melompat bersama, tanpa boleh barisannya putus atau rusak.
Setelah beberapa kali mencoba ke arah yang sesuai dengan instruksi, maka kemudian mereka harus melakukan gerakan yang berlawanan dengan instruksi yang diberikan.
Larangan dan hukuman
Barisannya tidak boleh putus atau rusak.
Minta mereka untuk tidak bersuara (yang dapat dijadikan “alat bantu komando”) pada saat melakukan gerakan.
Bagi kelompok yang salah atau ada anggota kelompoknya salah melakukan pergerakan maka kelompok tersebut harus gugur

22.  Meteor Garden
Tujuan permainan :
-        Meningkatkan kekompakan kelompok
-        Kecermatan
-        Kecepatan
-        Bertindak cepat
-        Bisa mengatur strategi

Cara permainan :
Permainan meteor garden dimainkan secara kelompok. Jumlah anggota kelompok antara 10-15 orang
Instruktur dan fasilitator melemparkan bola dari balik penghalang, dan peserta harus dapat menangkap bola, tetapi harus tetap berada di garis pembatas yang berbentuk persegi
Lemparan bola dilakukan dengan cepat dan tidak beraturan, agar peserta kesulitan menangkapnya
Setelah bola ditangkap, langsung dimasukkan kedalam kantong plastik yang telah disediakan
Aturan :
Peserta tidak boleh keluar dari garis pembatas selama menangkap bola
Bola yang tidak tertangkap tidak boleh diambil peserta
Kelompok yang paling banyak menangkap bola adalah pemenangnya.


23.  Do You Love Me?

Tujuan permainan :
-        Melatih menemukan kesamaan
-        Bermain strategi
-        Melatih kejujuran
Cara permainan :
Permainan ini dilakukan dalam kelompok besar
Seluruh peserta membentuk satu lingkaran besar, dan setiap peserta mempunyai posisi sendiri-sendiri dengan diberi  tanda sepatu atau kertas tebal
Seorang peserta sebagai relawan berada di tengah, lalu bertanya kepada peserta lain, “apakah kamu mencintaiku?” Para peserta lain bebas menjawab “ya” atau “tidak
Apabila mengatakan “ya”, maka seluruh peserta harus pindah tempat dari posisi awal keposisi yang lain. Relawan tersebut berusaha merebut posisi dalam barisan
Apabila peserta yang ditanya menjawab “tidak”, maka ia harus memberi alasan. Misalnya “ karena saya mencintai orang yang memakai sepatu hitam”. Maka seluruh peserta yang memakai sepatu hitam harus mencari posisi (tempat) lain dengan cara berpindah tempat. Dan relawan tersebut juga berusaha merebut barisan.
Peserta yang tidak mengenakan sepatu warna hitam tetap pada posisinya.
Peserta yang tidak mendapatkan posisi dalam lingkaran, menggantikan relawan tersebut.
Peserta harus jujur apabila menemukan kesamaan dalam dirinya
Dalam berebut posisi,  peserta tidak boleh merebut peserta lain yang telah mendapatkan posisi

24.  Changing name
Tujuan permainan :
-        Melayani pelanggan (customer) dengan baik
-        Menghilangkan struktur hirarki dalam organisasi
-        Melatih konsentrasi kerja
-        Cara baik untuk mengakrabkan peserta outbound dengan saling menyebutkan nama.

Cara permainan :
Peserta diminta untuk berdiri dan membentuk lingkaran. Kalau peserta belum saling mengenal, mereka kita minta untuk memperkenalkan diri.
Setelah semua peserta memperkenalkan diri, peserta diminta untuk saling melempar bola dan saling menangkap bola dengan menyebut nama dan orang yang akan dituju untuk menangkap bola yang akan dilempar.
Mereka yang salah menyebutkan nama diri sendiri atau orang yang akan dituju dikenakan sangsi tertentu, misalnya dengan meminta maaf. Untuk beberapa menit pertama, mungkin anda akan banyak  mengenakan sangsi tersebut. Kesuksesan tim diukur dari berapa banyak  kesalahan yang dibuat. Makin sedikit, makin sukses tim tersebut.
Agar lebih menarik permainan dilanjutkan dengan menambah jumlah bolanya. Menjadi 2 atau 3 bola.


25.  Get Our Dream
Tujuan Permainan :
-        Melatih sikap pantang menyerah dalam menggapai impian
-        Mampu belajar dari pengalaman yang salah

Cara permainan :
Tali diikatkan pada pohon-pohon
Kertas bertuliskan impian ditempatkan pada pohon dengan posisi kertas terbalik, sehingga tulisan tidak terlihat
Peserta diberi carabineer
Permainan ini diumpamakan peserta dalam posisi menggantung pada tali dengan kaki tidak menyentuh tanah, sehingga mereka harus menggunakan carabineer untuk tetap bisa menggantung
Pada saat peserta berpindah dari tali yang satu ke yang lain, mereka terlebih dahulu harus mengaitkan carabineer dengan tali tersebut.
Peserta harus tetap berjalan mencari kertas yang bertuliskan impian mereka sendiri.
Apabila peserta menemukan impian temannya, maka harus dikembalikan ke tempat semula
Setelah peserta menemukan impian mereka sendiri, peserta harus kembali ke posisi start dengan cara yang sama

Tidak ada komentar: