FMTI

FMTI
Have your training needs, please click here

Rabu, April 16, 2014

Global Positioning System (GPS)



Global Positioning System (GPS)

Global Positioning System (GPS) adalah suatu sistem navigasi atau penentu posisi berbasis satelit yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US DoD = United States Department of Defense). Sistem ini didesain untuk memberikan posisi dan informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia tanpa tergantung waktu dan cuaca. Penentuan posisi GPS digambarkan dengan menggunakan nilai koordinat X dan Y atau garis bujur dan garis lintang ( longitude/latitude ). System ini digunakan untuk menentukan posisi pada permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit. System ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima yang ada di bumi, dan digunakan untuk menentukan posisi, kecepatan, arah, dan waktu. GPS Tracker atau sering disebut dengan GPS Tracking adalah teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital.
DGPS (Differential Global Positioning System) adalah sebuah sistem atau cara untuk meningkatkan GPS, dengan menggunakan stasiun darat, yang memancarkan koreksi lokasi. Dengan sistem ini, maka ketika alat navigasi menerima koreksi dan memasukkannya kedalam perhitungan, maka akurasi alat navigasi tersebut akan meningkat. Oleh karena menggunakan stasiun darat, maka sinyal tidak dapat mencakup area yang luas.
Dalam memanfaatkan teknologi GPS untuk keperluan survei dan pemetaan, sangat tergantung dari tipe dan jenis receiver, metoda pengukuran, dan proses data dan ketelitian yang diperlukan. Pemilihan metoda, jenis receiver dan ketelitian yang dibutuhkan, memerlukan pemahaman yang memadai. Dalam pelatihan ini akan diberikan konsep dan tatacara pemilihan metoda, peralatan dan ketelitian yang tepat dalam memanfaat kan teknologi GPS untuk survei dan pemetaan.

Materi Training
  1. Setting GPS Handheld (unit, datum-proyeksi, kalibrasi kompas, kalibrasi altitude)
  2. Perolehan data koordinat, tracking, dan route
  3. Pengukuran panjang dan luas
  4. Teknik meningkatkan kualitas data
  5. Komunikasi real time GPS dengan Peta Digital dengan komputer/PDA
  6. Penggunaan Theodolit/Alat Survei Ukur Tanah
  7. Integrasi data dengan Aplikasi/Software SIG

Peserta :
Public atau Staf/karyawan yang bertugas dan bertanggungjawab dalam proyek penentuan lokasi baru, pemetaan, atau pihak-pihak yang merasa berkepentingan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan GPS.



Tidak ada komentar: